Senin, 10 Oktober 2011

Rahasia memperlancar pemberian ASI mula-mula

Memperlancar ASI itu perlu, banyak teman bercerita kepada saya, bahwa mereka tidak dapat memberikan ASI untuk sang buah hati karena tidak lancar keluarnya. Hal ini sangat disayangkan karena ASI adalah sesuatu yang sangat berharga bagi bayi mereka, sesuatu yang hanya bisa didapatkan sekali untuk seumur hidup mereka.
Kenapa ada mama yang dapat memberikan ASI, bahkan ASI exclusive (6-12 bulan) namun ada juga yang tidak dapat? Jawabnya sederhana : KEMAUAN! Mungkin anda berpikir, saya mau tapi air susu yang keluar sedikit sekali. Saya mau, tapi saya kan bekerja di kantor, tidak mungkin membawa bayi saya disaat bekerja. Saya mau, tapi bayinya yang menolak atau marah karena sudah lapar atau sudah capek menyusu tapi tidak mendapatkan hasil.

Bagaimana ASI diproduksi ?

Dalam bahasa yang sederhana, ASI itu dapat diibaratkan seperti alarm yang akan bekerja setiap beberapa jam sekali. Pada saat bayi menyusu, maka otak mama akan menerima sinyal bahwa tubuh mereka haruslah memproduksi ASI, karna itulah mama biasanya akan merasa lapar setelah menyusui. Makanlah makanan yang penuh gizi, karena kualitas dan kuantitas (jumlah) makanan anda mempengaruhi produksi ASI anda.

Memberikan ASI mula-mula

Setelah anda mendapatkan gambaran diatas, berikut 5 langkah yang perlu dilakukan untuk memberikan ASI untuk buah hati anda:
1. Cari tempat yang tenang, usahakan posisi mama bisa duduk dengan tegak, usahakan tidak membungkuk sambil menggendong si kecil.
2. Siapkan 1 botol susu formula, 60 cc. Hal ini diperlukan bila ASI anda belum lancar, biasanya diperlukan pada hari-hari awal pasca melahirkan.
3. Biarkan bayi anda menyusu selama 5-10 menit, bila ASI masih belum keluar dan si kecil sudah mulai gelisah, berikanlah susu formula yang sudah anda siapkan. Dengan demikian bayi tidak menangis kelaparan dan keuntungan bagi mama adalah alarm untuk ASI sudah mulai bekerja.
Agar alarm ASI anda bekerja lancar, lakukan hal diatas setiap 1 jam sekali. Sedotan dari mulut bayi merupakan rangsangan yang jauh lebih bagus daripada anda menggunakan alat pompa yang dijual di toko-toko.
Pengalaman mama, memang awalnya memang terasa pedih pada saat saya menyusui si kecil, tapi lama kelamaan rasa pedih itu akan hilang dan hasilnya sangat memuaskan, ASI saya bisa keluar dengan lancar & mencukupi untuk kebutuhan gizi bayi saya.
4. Makan makanan yang bergizi, jangan diet selama anda masih menyusui, jangan takut gemuk juga karena dengan menyusui secara teratur anda tidak akan mengalami kegemukan.
5. Lakukan secara teratur, mintalah bantuan bila diperlukan.   Bila ASI anda sudah lancar, untuk awalnya seorang bayi biasanya membutuhkan kurang lebih 3 jam sekali untuk menyusu. Hal positif yang saya dapat adalah saat saya memberikan ASI tiap 3 jam selama 24 jam adalah berat badan saya kembali seperti sebelum saya melahirkan.
Bila anda bekerja di kantor, anda bisa tetap memberikan ASI exclusive buat anak anda seperti yang saya lakukan waktu itu setelah masa cuti saya habis dan saya harus masuk kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar