Senin, 24 Oktober 2011

Ibu Hamil Kurus

Tanya: Saya (25 tahun) mengandung anak pertama usia 3 bulan. Berat badan saya masih sama dengan sebelum hamil, yakni  46 kg, dengan tinggi badan 166 cm. Saat ini saya mengalami mual dan muntah hampir setiap saat. Apa yang harus saya lakukan?

Jawab: Tidak bertambahnya berat badan di trimester pertama kehamilan sebenarnya tidak masalah. Tapi, jangan sampai berat badan Anda turun. Rasa mual dan muntah, yang dikenal dengan morning sickness, disebabkan adanya perubahan hormon saat hamil. Kadang–kadang morning sicknes ini tidak hanya mengganggu makan pagi tetapi sepanjang hari selama trimester pertama.

Ibu hamil yang mengalami gangguan ini sebaiknya tetap memperhatikan porsi makanan yang diatur dengan porsi kecil tetapi sering, harus banyak minum karena sering muntah, dan menghindari makanan berlemak tinggi dan berbumbu tajam. Anda juga harus cukup istirahat, jangan memaksakan diri kerja keras.

Kondisi mual dan muntah biasanya berkurang dan hilang setelah kehamilan menginjak trimester kedua. Untuk itu, saat ini upayakan untuk meningkatkan porsi makan Anda. Perlu disadari porsi makan harus untuk ibu dan janin karena pertumbuhan janin, rahim dan lainnya tergantung pada makanan yang Anda konsumsi. Jika ibu makan makanan bergizi seimbang maka asupan gizi janin pun akan terpenuhi. Sebaliknya jika makanan ibu kurang baik, maka pertumbuhan dan perkembangan janin akan terganggu.  

Berdasarkan IMT (Indeks Masa Tubuh), indeks masa tubuh Anda 16,6 atau kurang dari 18,5 sehingga Anda tergolong kurus. Jadi, walau menurut pedoman gizi seimbang, kebutuhan gizi ibu hamil  usia 19-29 tahun adalah 1900 Kalori ditambah 300 Kalori sehingga menjadi  2200 Kalori, untuk Anda sebaiknya ditingkatkan menjadi  2500 kalori. Tujuannya supaya berat Anda juga naik.

Pilih makanan yang segar dan porsi kecil berkalori tinggi. Tambahkan susu, keju, dan gula ke dalam makanan Anda. Namun, kurangi gorengan dan santan kental. Selain itu, nikmatilah dalam keadaan hangat agar tidak mual. Contoh makanan kalori tinggi:
  • Makaroni atau jenis pasta lain ditumis dengan sedikit minyak dan beri susu, keju, telur serta sayuran (brokoli), sedikit garam dan merica.
  • Aneka jus buah dan sayur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar