Senin, 10 Oktober 2011

5 Cara Menstimulasi Penglihatan Bayi

Masa tumbuh kembang bayi merupakan tahapan penting bagi setiap orang tua. Anda tentunya ingin melakukan hal terbaik diantaranya mengoptimalkan indera penglihatan yang nantinya mampu memberikan kontribusi besar dalam menentukan kualitas hidup sang anak. 
 
1. Bayi yang baru lahir masih belum bisa melihat dengan jelas dan hanya terbatas pada warna hitam putih. Pada masa ini, Anda bisa melatih kemampuan visualnya dengan menyalakan lampu kamar di malam hari serta mengajaknya berbicara. Melalui cara ini, mata bayi akan terlatih dengan mengikuti arah suara Anda. 
 
2. Di usia 6 minggu, sistem penglihatan bayi sudah mulai berkembang. Ia mulai memasuki level interaksi sosial seperti menatap wajah ibu. Untuk membantu melatih koordinasi kedua mata bayi, saat saling berhadapan, Anda dapat menggerakkan kepala Anda perlahan-lahan dari satu sisi ke sisi lain. Atau bisa juga menggunakan gambar dan mainan berwarna hitam putih sambil digerakan naik turun.
 
3. Memasuki usia 2-3 bulan, bayi mulai bisa merespon objek dengan warna-warna mencolok. Latih bayi untuk mengikuti objek yang bergerak menuju dan menjauh darinya. 
 
4. Setelah 3 bulan keatas, ia akan berusaha untuk memukul dan menangkap benda-benda yang mengarah kepadanya. Pada tahap ini, latih si kecil untuk membangun koordinasi mata sekaligus tangannya.
 
5. Gantung mainan yang tidak berbahaya pada boks bayi untuk menstimulasi penglihatan. Anda bisa menggantung mainan berbahan lembut dalam berbagai bentuk dan warna sehingga bayi dapat belajar mengenali bentuk-bentuk geometris. Perhatikan agar jarak mainan jangan terlalu dekat untuk mencegah mata juling. (TR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar