Selasa, 24 Januari 2012

Atasi sembelit semasa hamil


Selama 2 kehamilanku pernah mengalami yang namanya sembelit. Rasanya??? aduhhh ngga enak banget...apalagi aku biasanya BAB sehari bisa 2 kali rutin pagi dan malam menjelang tidur, tau2 sehari ngga bisa pup. Perut rasanya kembung, begah, penuh banget...duduk di toilet eh ngga keluar juga...huhuhuhu...
Tapi gara2 sembelit ini pula makanya aku tau ada yang ngga beres di badan, dan akhirnya jadi tau deh udah positif hamil. Ini berlaku untuk semua kehamilanku, yang pertama dan kedua. Klo yang pertama sih, ketolong ama minum susu Ibu hamil...wahhh itu susu manjur banget deh bikin pup ngga keras. Ada beberapa produk susu hamil yang bikin perut jadi mules bergejolak...hihihihi...

Selain itu, waktu hamil anak pertama ketolong karena ngidam makan pisang selama 3 bulan pertama. Tiada hari tanpa makan pisang raja sereh..hihihihi...alhasil pup juga jadi ngga keras. Trus dari cari tau katanya minum banyak air. katanya sih untuk membuat massa feses jadi lebih berat. Jadiii...di meja kantor udah siap gelas gede plus tempat airnya yang besar banget ukuran 1.5 Liter, sehari minimal harus habis, klo bisa nambah bagus banget...alhamdulillah akhirnya sembelit hilang. Truss apalagi ya...oh iya, klo makan harus ada sayur...dan aku suka banget oatmeal, yoghurt, yakult

Di inget2 ngalamin sembelit ya cuma 2 bulan awal aja, selanjutnya lancar. Alhamdulillah...semua cara tsb bisa menghilangkan sembelit bahkan tiap pagi pasti rutin BAB..

oh iyaa...satu lagi, perbedaan pup selama hamil warna pup aku itu selalu gelap, ngga pernah berwarna terang. Sementara klo ngga hamil warna pup berubah2 tergantung makanan kita..Mungkin pup waktu hamil itu karena serat2 makanan udah diambil bayi di perut buat maemnya yaa...jadi yang dibuang ya cuma ampasnya aja...hehehehe...

Jadi, Bunda semuanya...ngga usah panik klo ngalamin sembelit waktu hamil...santai aja, krn itu emang kondisi normal semua wanita hamil. Tinggal perbaiki aja pola makannya...jadi bye bye sembelittt...

----------------------------------------------------------------------

----------------------------
Sembelit saat hamil? Itu lumrah… biarpun rasanya sangat tidak nyaman… dan yang lebih bikin menderita, karena lagi hamil, kita nggak boleh mengkonsumsi obat-obatan atau apapun yang tidak natural untuk mengatasi sembelit…

Sembelit (konstipasi) sering muncul mengiringi masa-masa kehamilan. Pada wanita hamil, sembelit sangat umum terjadi selama kehamilan dan pada hari-hari awal setelah melahirkan. Kondisi tersebut terjadi karena beratnya kandungan yang menekan usus besar sehingga pembuangan terhambat, perubahan hormon, dan perubahan pola makan (lebih sering dan lebih banyak).

Gejala sembelit bisa berbeda antara satu orang dengan yang lain. Sebagian orang merasa kembung, dan ketika buang air besar berbentuk bulatan kecil seperti kotoran kelinci. Sebagian yang lain mengalami kesulitan buang air besar. Seseorang dikatakan mengalami sembelit jika buang air besar kurang dari tiga kali seminggu.

Berikut akan dibahas 5 tips untuk meringankan sembelit selama kehamilan.

1. Olahraga secara teratur.
Olaharaga bisa membantu mencegah sembelit. Tidak perlu olahraga berat, cukup dengan berjalan ringan maka buang air bisa berjalan lebih lancar.

2. Minum banyak air.
Selama kehamilan, penyerapan air oleh usus akan meningkat. Air tersebut akan digunakan pula untuk pertumbuhan janin. Itu sebab, wanita hamil harus minum air lebih banyak agar feses cukup mengandung air sehingga lebih mudah dikeluarkan.

3. Mengambil suplemen vitamin dan mineral yang tepat.
Beberapa jenis suplemen bisa menyebabkan kembung dan sembelit. Penelitian menunjukkan bahwa jika wanita hamil harus mengambil suplemen kalsium, pilihlah yang mudah larut. Antasida (antacids) yang mengandung aluminium juga bisa menimbulkan sembelit jadi pastikan untuk menghindarinya. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengambil suplemen untuk memastikan keamanannya.

4. Pelunak tinja.
Sebagian wanita hamil mungkin perlu mengambil pelunak tinja untuk menghilangkan sembelit. Pelunak tinja bekerja sebagai surfaktan untuk menurunkan tegangan antara dinding usus dan tinja sehingga buang air besar semakin lancar.

5. Makan makanan panas dan dingin secara bergantian.
Cara alami untuk mengatasi sembelit (konstipasi) adalah dengan makan makanan panas dan dingin secara bergantian. Hal ini tidak hanya berlaku untuk makanan tapi juga minuman. Makan-minum panas dan dingin bergantian, dapat dicapai misalnya dengan makan pisang goreng hangat yang diiringi meminum es buah.

6. MInum Yakult
 Ada beberapa wanita sudah makan lebih banyak buah-buahan tapi nggak ada efeknya, dan akhirnya sembuhnya karena minuman mungil yang enak, murah dan gampang didapaat di supermarket-supermarket yaitu Yakult.

7. Minum Madu
Ada resep tradisional untuk mengurangi sembelit yaitu madu 2 sendok, baru dituang air seperempat gelas sambil diaduk (madu dulu baru air)

8. Menjaga pola makan
 jangan lupa, kurangin makanan pedes, asin, terlalu berlemak & asem dan pola makan porsi kecil tapi sering & teratur. Perbanyak makan buah dan sayur, juga kacang2an (almond, walnut, pistachio, hazelnut).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar