Minggu, 18 September 2011

Tips Memandikan Bayi

Memandikan bayi, apalagi di minggu-minggu pertama alias baru lahir bisa menjadi satu hal yang merisaukan, karena itu tidak jarang pasangan muda memilih untuk mendatangkan perawat untuk memandikan bayi mereka atau dengan orang tua mereka.
Kekhawatiran itulah yang kami rasakan pada minggu pertama kehadiran bayi kami. Kami memilih untuk melakukannya sendiri karena selain kami hanya tinggal bertiga dirumah (rumah kami agak jauh dari orang tua), biaya untuk membayar perawat tentu tidak murah.
Jadi kami sudah mempersiapkan mental dan cari informasi dari buku/majalah. Saya beruntung boleh belajar dari para suster di RSB tempat saya melahirkan. Mereka baik, ramah dan sangat membantu. Mereka mengijinkan saya untuk merekam proses memandikan bayi, yang paling saya perhatikan waktu itu adalah cara membungkus tali pusar, karena kalau salah bisa fatal akibatnya. Dengan berbekal sekelumit pengetahuan itu kami mulai merawat bayi kami dirumah, walaupun awalnya sangat kaku tapi akhirnya terbiasa juga.
Berdasarkan pengalaman kami ditambah berbagai sumber dari buku dan artikel yang kami baca, kami ingin berbagi pengetahuan dengan anda tentang memandikan bayi. Sebelum memandikan bayi kita harus mempersiapkan segala keperluan/perlengkapannya terlebih dahulu, yaitu:
  • Bak mandi bayi
  • Waslap lembut
  • Sabun dan sampo bayi
  • Handuk kering
  • Baby oil, minyak telon, bedak
  • Pakaian bayi (termasuk popok sarung tangan dan kaki)
  • Selama tali pusar belum putus kita juga harus menyiapkan perban, alcohol 70%, dan kapas.
Berikut adalah langkah-langkah memandikan bayi:
1. Yakinkan semua perlengkapan tadi ada dekat tempat anda memandikan bayi.
2. Jika anda memandikan bayi di ruangan ber-AC, sebaiknya dimatikan saja agar ruangan cukup hangat dan nyaman bagi bayi.
3. Isi bak dengan air hangat.
4. Cek suhu air dengan menggunakan siku anda untuk meyakinkan bahwa airnya tidak panas tapi hangat. Sekarang malah sudah ada bak mandi yang dilengkapi dengan thermometer didalamnya yang dapat menunjukkan apakah airnya terlalu dingin atau terlalu panas untuk bayi anda.
5. Buka pakaian bayi anda kecuali perban yang membungkus tali pusar. Usapkan baby oil pada tubuh bayi anda sambil memberi pijatan lembut.
6. Jika anda memandikan bayi anda sendiri, sangga badannya dengan tangan kiri anda, pegang ketiak kiri bayi dan sandarkan kepala bayi pada lengan anda. Jadi anda menyabuni dan mengeramasinya dengan tangan yang lain. Anda harus menahan badan bayi dengan kuat tapi lembut karena badan bayi yang basah tentunya cukup licin. Saya beruntung karena waktu itu suami saya selalu membantu, jadi dia yang memegang tubuh bayi kami sementara saya bisa dengan leluasa memandikan bayi kami.
7. Jika anda belum berani memandikan bayi anda dengan satu tangan, anda boleh menyiapkan alas mandi biasanya dari plastik yang empuk lalu letakkan bayi anda diatas alas tersebut dan bersihkan bayi anda dengan menggunakan waslap. Untuk memandikan bayi, mulailah dari bagian terbersih yaitu wajah dan terakhir daerah popok.
8. Lap dengan lembut setiap bagian tubuh bayi dengan waslap lembut karena kulit bayi masih sensitive dan mudah terjadi iritasi. Usahakan menggunakan sisi lap yang tidak sama untuk setiap bagian tubuh bayi. Jangan lupa untuk membersihkan lipatan-lipatan pada kaki, lengan dan leher bayi anda karena daerah ini cukup mudah menimbun kotoran.
9. Gunakan waslap lain untuk membilas tubuh bayi anda. Coba membilas setiap bagian segera setelah disabuni dan yakinkan anda membilasnya sampai benar-benar bersih.
10. Untuk keramas cukup dua kali seminggu dengan menggunakan sampo bayi dan bilas dengan bersih. Perhatikan air waktu membilas agar tidak ada yang masuk ke dalam telinga. Jika perlu telinga bayi diberi kapas sampai selesai mandi.
11. Jika sudah selesai, angkat bayi anda dari bak mandi dan letakkan diatas handuk kering yang sudah disiapkan. Untuk mengeringkan tubuhnya, jangan digosok cukup dengan ditekan-tekan lembut.
12. Ganti perban pembalut tali pusar bayi anda kemudian usapkan minyak telon supaya tubuhnya hangat, dilanjutkan dengan menaburi bedak. Pakaikan baju, popok, kaus kaki dan tangan. Jangan lupa rambutnya disisir, si kecil sudah wangi deh…
Tips dan Warning:
  1. Simpan semua perlengkapan mandi bayi dalam satu kotak untuk mempermudah persiapan.
  2. Banyak bayi yang tidak suka dibersihkan wajahnya, jadi anda boleh membersihkan wajahnya dalam waktu terpisah/tidak pada saat mandi.
  3. Jika bayi sudah bertambah besar dan sudah bisa didudukkan di bak mandinya, anda boleh memasukkan mainan-mainan kecil ke dalam bak mandinya supaya bayi dapat menikmati saat-saat mandinya.
  4. Usahakan untuk tidak memandikan bayi ketika dia baru selesai makan/minum susu karena dia bisa memuntahkan kembali makanannya.
  5. Jangan pernah melepaskan tangan anda dari bayi selama mandi karena bayi bisa tergelincir dan terbenam walaupun airnya Cuma 5 cm.
  6. Selalu yakinkan temperature air mandi supaya cukup hangat, tidak panas.
  7. Jangan sekali-sekali menggunakan produk orang dewasa untuk bayi anda karena kulit bayi sangat sensitive.
  8. Sebenarnya lebih baik mulai memandikan bayi dalam bak mandi jika tali pusarnya sudah lepas untuk menghindari infeksi, tetapi selama kebersihan dan kekeringan perban pembalutnya dijaga (yaitu dengan segera mengganti perban jika basah dan mengolesi alkohol di bagian penjepitnya) saya rasa tidak apa-apa.

1 komentar: