Entah
 sudah berapa sering saya mendapat pertanyaan di atas, sepanjang 
perjalanan karir saya selama 20 tahun sebagai ahli patologi bahasa. 
Sepertinya, para orangtua menunggu munculnya kemampuan berbahasa pada 
anak-anak mereka seperti menunggu sebuah angkutan umum. Mereka merasa 
tidak memiliki kontrol untuk mengetahui kapan kemampuan itu akan muncul.
 Namun justru sebetulnya, kemampuan berbahasa pada anak sangat 
dipengaruhi oleh orangtuanya.
Secara
 umum, di’rumus’kan bahwa seorang anak akan mengucapkan kata pertamanya 
antara usia 10 sampai dengan 18 bulan. Tidak ada tabel waktu yang bisa 
secara persis menyatakan kapan seorang anak akan bicara. Cukup banyak 
anak yang mulai berbicara di usia lebih dari 18 bulan dan masih terus 
mengembangkan kemampuan berbahasanya, terutama dalam hal percakapan. 
Kita juga sering luput mengamati, bahwa anak anak-anak yang bicara 
dengan orang tertentu, tetapi tidak dengan yang lainnya. Nah, ketika 
pada usia ke-2 anak terlihat tidak menggunakan kata-kata dalam bermain 
dan memenuhi kebutuhan / keinginannya, maka kita harus teliti menelaah 
bagaimana kemampuannya dalam pra-berbahasa.
Oleh
 karena itu, pertanyaan yang harus diajukan sebenarnya adalah ; “Apa 
yang dibutuhkan dan harus dilakukan oleh seorang anak sebelum ia bisa 
bicara dan menggunakan bahasa dalam berkomunikasi?”
Dari
 pengalaman bertahun-tahun mewawancarai para orangtua, saya bisa membuat
 kesimpulan bahwa kebanyakan orangtua menganggap kemampuan anak 
berbahasa muncul secara otomatis, seperti halnya tumbuhnya rambut, 
bertambahnya berat badan dll, tanpa harus ada bantuan khusus dari 
orangtua, anggota keluarga maupun orang yang sehari-hari berhubungan 
dengan si anak.
Untuk
 dapat mengembangkan kemampuannya bicara dan berbahasa, Anak Anda perlu 
memiliki beberapa kebiasaan yang kita, orang dewasa tak pernah pikirkan 
sebagai kebiasaan yang dibutuhkan untuk dapat berbicara. Kebiasaan 
tersebut antara lain adalah bermain dengan orang lain, bermain secara
 bermakna dengan benda-benda yang ada, meniru, bergiliran / bergantian, 
melakukan interaksi (timbal balik), berkomunikasi secara non-verbal, dan
 menikmati hubungan dengan orang lain.
Seringkali
 orangtua membawa anaknya yang berusia 3,4,5,6 tahun atau lebih untuk 
menemui saya dengan keluhan bahwa mereka belum bisa bicara atau kalaupun
 bicara hanya bicara sendiri saja. Para orangtua ini biasanya merasa 
bahwa mereka sudah melakukan segala hal yang bisa mereka lakukan, dari 
mulai mengajak bermain sampai mengajarkan bicara, sebagaimana mereka 
melakukannya dengan anak-anak mereka yang lainnya. Tetapi karena segala 
cara itu tak juga berhasil, maka mereka menyimpulkan bahwa ada sesuatu 
yang tidak beres dengan anak mereka tersebut.
Beberapa keluhan dari para orangtua yang lazim saya temui adalah :
- “Anakku tidak bermain seperti halnya anak lain bermain”
- “Dia jarang memperhatikan hal-hal yang terjadi di sekelilingnya”
- “Ia tidak tertarik pada hal-hal baru”
- “Apa yang dia lakukan, pasti dilakukannya berulang-ulang”
- “Dia mendapatkan apa yang dibutuhkannya dengan cara menuntun kami ke hal yang dia inginkan atau dengan membuat suara-suara yang tidak jelas”
- “Anakku tidak menikmati kebersamaan dengan orang lain jika tanpa kegiatan”
- “Anakku lebih senang menyendiri”
- “Ia tidak mempedulikan orang lain”
- “Dia tidak bisa bermain bersama dengan sesamanya”
Saya
 sudah berkali-kali mengatakan kepada para orangtua untuk berhenti 
berharap Anaknya dapat sekonyong-konyong bicara. Sebaliknya, saya 
meminta mereka untuk melihat ke dalam diri mereka sendiri dan mereka 
akan menemukan betapa besar kekuatan yang mereka miliki untuk membantu 
anak mereka bicara. Tujuan utama saya adalah mengajarkan para orangtua 
apa yang anak mereka butuhkan sebelum bicara dan yang sama pentingnya, 
mengjarkan mereka cara-cara ALAMI untuk mengubah diri mereka sehingga 
anak bisa lebih banyak belajar BERSAMA dengan mereka.
Sekarang
 saya akan mengingatkan Anda tentang beberapa hal penting yang Anda dan 
anak Anda dapat lakukan secara rutin. Hal ini telah membantu anak-anak 
lain mempersiapkan diri mereka untuk bicara. Perhatikanlah, ketika Anda 
membaca daftar di bawah ini Anda mungkin akan mengatakan dua hal; 
Pertama, bahwa Anda dan anak anda telah melakukan hal-hal tersebut. 
Mungkin sajapernyataan Anda itu benar, tetapi mungkin saat melakukannya,
 anak Anda belum siap menjadikannya suatu kebiasaan rutin. Kedua, anda 
mungkin mengatakan bahwa hal-hal ini dilakukan hanya oleh anak-anak usia
 bayi, sementara anda merasa bahwa anak anda sudah besar, lalu anda 
tidak merasa ingin melakukan hal-hal seperti itu lagi. Jika itu 
pernyataan Anda, maka jawaban saya adalah bahwa anak, dalam usia 
berapapun, dapat belajar mengenai hal-hal yang mereka tidak pernah 
pelajari sebelumnya, asalkan mereka memiliki mitra yang antusias 
mendukung dan melakukan kegiatan itu bersama-sama dengan mereka.
Lihatlah
 daftar di bawah ini, lalu dengan menggunakan skala 1 sampai 5 (1=tidak 
pernah, 3=jarang, 5=rutin dilakukan) tulislah berapa sering hal ini 
dilakukan
YANG PERLU DILAKUKAN OLEH ANAK
- Sering bermain dengan orang lain
- Bermain dengan benda-benda secara bermakna (telpon2an, masak2an, minum teh,mengendarai mobil dll)
- Menirukan tingkah laku dan bunyi-bunyian orang lain
- Bergiliran / bergantian
- Berinteraksi dengan orang lain, secara berkala semakin lama jangka waktunya Menggunakan bahasa tubuh dan bunyi- bunyian dalam berkomunikasi
- Aktif terlibat dalam permainan dengan orang lain dan menikmatinya Menunjukkan minatnya terhadap hal-hal yang baru
YANG PERLU ANDA LAKUKAN
- Sering bermain, sesering anak Anda
- Menyamai gerak-gerik dan cara komunikasi anak
- Menunggu – memberi waktu kepada anak untuk melakukan gilirannya dalam berinteraksi
- Menunjukkan kepada anak, langkah selanjutnya
- Bergiliran dan membiarkan giliran anak lebih lama dibanding Anda
- Merespon terhadap setiap gerakan dan bunyi yang dibuat anak, sekecil apapun itu
- Menjadikan permainan sebagai suatu hal yang menyenangkan dan bukan sebagai pelajaran / keharusan
Dr. James MacDonal
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar