Senin, 27 September 2010

Sahabat atau teman...?

sebenarnya apa sih arti sahabat itu? mungkin akan banyak yang menjawab 'oohhh dia tau jelek2nya kita dan tidak akan menyebarkan kejelekan tsb ke pihak lain'....'ooohhh sahabat itu orang yang paling mengerti & tau soal kita tanpa banyak pertanyaan dan akan bisa menerima kita apa adanya'....

Tapi dilihat dari beberapa persahabatan yang pernah ada....menurut saya sahabat itu adalah orang yang bisa memahami dan sesuai dengan sifat dan tabiat kita. Dalam kumpulan grup persahabatan sendiri ada persahabatan kecil lainnya di dalamnya. Misal dari grup persahabatan yang terdiri dari 4 orang tidak semuanya tau detail kelebihan kekurangan semua personil dalam grup itu. Biasanya si A lebih ngerasa klop dan dekat dengan si B karena lebih bisa memahami masalah F, tapi di sisi lain si B sendiri justru ngerasa klop dengan si C karena lebih bisa diajak berdiskusi lebih jauh soal G dibanding dengan si A. Begitu pula dengan si D akan ngerasa paling klop bisa saja dengan si B dan si A atau justru hanya dengan si C. Tapi dalam hal yang bersifat umum baik si A, B, C, dan D mereka akan selalu merasa klop.

Dan seringkali ditemui, jika menyangkut permasalahan serius...semua anggota dalam persahabatan tsb tidak bisa memahami dengan baik sifat sesungguhnya dari masing2 anggota personil persahabatan tsb. Dan kadangkala akhirnya si sahabat yang memiliki pemikiran lurus dan  ideal akan tersingkir dari grup persahabatan tsb. Nilai2 pertemanan dalam persahabatan tsb menjadi blurr...tidak jelas arahnya...yang penting klop atau ngga klop itu sudah cukup.

Sangat..sangat...jarang ditemui persahabatan yang benar2 murni sahabat sejati...meski berantem sebesar apapun...meski berselisih sampai tidak bertegur sapa seminggu...tapi pada akhirnya mereka kembali kepada pemahaman karakter dan sifat si sahabat sampai akhirnya bisa saling memaafkan. Persahabatan jenis ini jelas sangat langka ditemui. Dan mereka yang benar-benar telah memiliki sahabat seperti ini, yang telah teruji dengan waktu, dengan masalah-masalah yang berat dan besar, sahabat yang tidak hanya memahami kulit luar dari sifat satu sama lain, sahabat yang memiliki kearifan luar biasa untuk memahami dan menerima segala bentuk perbedaan dan dapat memaafkan sebesar apapun kesalahan si sahabat....dia adalah seorang sahabat yang tidak pantas untuk dilepaskan...dia adalah sahabat yang terlalu berharga untuk dicampakkan.....sahabat seperti ini tidak dapat dinilai dengan apapun di dunia ini...dia lah sahabat yang paling sejati.. Bersyukurlah kalian yang telah menemukan sahabat yang benar-benar sejati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar